Main Article Content

Abstract

Abstrak


 


            Kehidupan seksualitas pada lanjut usia mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Pertambahan usia menyebabkan perubahan-perubahan jasmani pada seseorang yang dapat berdampak pada kemampuan seseorang untuk menikmati dan frekuensi aktifitas seksualnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perubahan fungsi seksualitas dengan frekuensi seksualitas pada lanjut usia di Posbindu Kelurahan Karamat Wilayah Kerja Puskesmas Karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi.


            Lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun keatas. Pada masa lansia akan mengalami kemunduran fisik dan mental yang dapat menyebabkan penurunan gairah seksual. Seksualitas adalah sesuatu yang berkaitan dengan alat kelamin atau hal-hal yang berhubungan dengan hubungan intim antara laki-laki dengan perempuan.


            Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi  90 responden, menggunakan teknik accidental dan Sampling Jenuh. Uji validitas menyatakan 18 item valid dan uji reliabilitas menyatakan item reliabel dengan kategori kuat untuk variabel fungsi seksual. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis Chi-Square.


            Hasil penelitian didapatkan fungsi seksual sebagian besar adalah normal sebanyak 68 responden. Sebagian besar memiliki frekuensi seksualitas jarang sebanyak 65 responden. Hasil uji bivariat didapatkan p-value sebesar 0,024 berarti terdapat hubungan.


            Simpulan menunjukkan terdapat hubungan perubahan fungsi seksualitas dengan frekuensi seksualitas. Maka disarankan diharapkan Posbindu dapat memberikan informasi melalui pendidikan kesehatan mengenai seksualitas kepada lansia.


 

Keywords

Fungsi Seksualitas, Frekuensi Seksualitas, Lansia

Article Details

How to Cite
Mulyawati, W. (2021). HUBUNGAN PERUBAHAN FUNGSI SEKSUALITAS DENGAN FREKUENSI SEKSUALITAS PADA LANJUT USIA DI POS BINAAN TERPADU. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 8(2), 101-112. https://doi.org/10.33867/jka.v8i2.259