Main Article Content

Abstract

Perkembangan anak merupakan sebuah proses kontinu yang terjadi sejak masa konsepsi hingga dewasa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di RA ( Raudhatul athfal ) Ath-Thohiriyah terdapat 7 dari 10 orang anak yang masih belum bisa menggambar orang dengan minimal memuat 6 bagian tubuh, menyebutkan jenis-jenis warna, mengetahui fungsi benda, dan masih belum mengenali beberapa kata sifat benda. Menurut Kepala Sekolah RA Ath-Thohiriyah, diketahui bahwa di RA tersebut belum pernah dilakukan test deteksi dini tumbuh kembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak usia 5 – 6 tahun di RA Ath-Thohiriyah Cililin Tahun 2021. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu anak usia 5 – 6 tahun di RA Ath-Thohiriyah Cililin beserta ibu/pengasuhnya sebanyak 41 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Data yang digunakan yaitu data primer dengan menggunakan KPSP. Analisis data menggunakan univariat dalam bentuk presentase. Kategori perkembangan sesuai sebanyak (32%), kategori perkembangan meragukan sebanyak (36%), dan kategori perkembangan penyimpangan sebanyak (32%). Hampir setengahnya responden berada dalam kategori perkembangan meragukan.

Article Details

How to Cite
Barbara, M. A. (2022). SKRINING PERKEMBANGAN ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DENGAN KUESIONER PRA SKRINING PERKEMBANGAN (KPSP): Gambaran Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal Asuhan Ibu Dan Anak, 7(1), 37-44. https://doi.org/10.33867/jaia.v7i1.313